Utak-atik Formasi Liverpool Bersama Thiago Alcantara

Posted on

Liverpool tinggal menanti waktu untuk resmikan kehadiran Thiago Alcantara dari Bayern Munchen. The Reds diberitakan sudah menyetujui transfer si pemain dengan Bayern di angka 27 juta poundsterling atau sama dengan Rp519,8 miliar.

Kehadiran Alcantara akan membuat baris tengah Liverpool makin kompak serta ditakuti. Disamping itu, kompetisi pasti akan semakin ramai sebab Liverpool telah punyai Jordan Henderson, Fabinho, Naby Keita, Alex Oxlade-Chamberlain, Curtis Jones, sampai James Milner.

Alcantara sendiri punyai warna permainan yang lain untuk gelandang. Dia mempunyai visi permainan bagus serta kemampuan di atas rerata yang akan bermanfaat buat Liverpool.

Berikut dua pilihan skema Liverpool bersama-sama Alcantara:

Skema 4-3-3

Skema 4-3-3 jadi favorite Klopp semenjak menggarap Liverpool. Klopp menggunakan skema ini sebab punyai dua pemain tengah sayap yang cepat serta produktif masalah kepentingan cetak gol, dalam diri Mohamed Salah serta Sadio Mane.

Dengan skema ini, Thiago dapat bermain di dua tempat baris tengah. Thiago dapat bermain untuk pemain tengah bertahan atau untuk pemain tengah box to box.

Dua peranan itu dapat dimainkan Thiago secara baik walau dia semakin lebih optimal bila diberi keyakinan mengendalikan tempo permainan team dari baris ke-2.

Tempat bermain Thiago dalam skema 4-3-3 akan tergantung keperluan team serta karakter musuh. Bila hadapi team yang punyai pemain striker tengah bagus karena itu Thiago bukan figur yang pas untuk pemain tengah bertahan sebab bukan tipikal pemain tengah bertahan yang memercayakan agresivitas.

Skema 4-2-3-1

Skema ini terakhir mulai dicoba Klopp dalam beberapa peluang. Dengan skema ini, Liverpool akan bermain dengan dua pemain pivot di baris tengah. Tempat itu dapat dihuni Jordan Henderson serta Thiago.

Thiago tidak asing dengan pola dua pemain nomor enam dalam team. Masalahnya peranan sama dimainkan bekas pemain Barcelona itu bersama-sama Bayern Munchen.

Di Bayern, Thiago berduet dengan Leon Goretzka di bidang itu. Thiago bekerja untuk pemain yang memulai gempuran sedang Goretzka ditugaskan semakin banyak naik menolong gempuran.

Namun, skema 4-2-3-1 ini akan mengganti pendekatan permainan Liverpool. Ini karena Mane serta Salah akan bermain bertambah ke belakang serta ditemani seorang pemain striker tengah yang dapat dihuni oleh Takumi Minano.

Sesaat satu tempat di baris depan akan dihuni oleh striker asal Brasil Roberto Firmino. Firmino sendiri seringkali diplot untuk penyerang palsu oleh Klopp.

(jal/har)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *